6 Cara Mudah dan Lengkap Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop

Spesifikasi Komputer

Image from pixabay.com


Komputer dan laptop kini menjadi benda yang begitu penting bagi aktivitas sebagian besar manusia entah itu digunakan untuk bekerja atau pun bersenang-senang. Dalam menjalankan program agar berjalan lancar tanpa hambatan, semua program sering menunjukkan permintaan spesifikasi komputer atau laptop untuk menjalankannya.

Karenanya kita perlu mengetahui spesifikasi komputer atau laptop yang kita miliki sebelum memasang aplikasi. Berikut telah kami rangkum beberapa cara melihat spek komputer dan laptop dengan mudah dan lengkap.

1. Melalui Windows Explorer

Buka Windows Explorer kemudian klik kanan kanan pada This PC dan terakhir klik Properties, akan muncul halaman baru berisi spesifikasi komputer yang kamu miliki. Mulai dari versi Windows, tipe sistem, hingga kode aktivasi akan ditampilkan.

Melihat Spek Melalui Windows Explorer


2. Melalui DxDiag

Dirasa cara nomer satu kurang lengkap dan Anda ingin melihat lebih rinci seperti jenis VGA dan perangkat suara yang digunakan maka gunakanlah opsi DxDiag. Agar lebih cepat gunakanlah shortkey Windows + R pada keyboard, lalu ketikan "dxdiag" tanpa tanda kutip dan tekan Ok atau Enter.

Melihat Spesifikasi Komputer dengan DxDiag

Dxdiag merupakan singkatan dari DirectX Diagnostics adalah sebuah utilitas yang dirancang untuk menampilkan spesifikasi dari pengguna hardware, juga untuk menguji DirectX perangkat lunak, termasuk suara dan video dan Driver yang terinstall pada perangkat komputer. DxDiag pertama kali diluncurkan pada 7 Agustus 1998 sebagai bagian dari DirectX 6,0 dan penggantinya untuk DXInf.

3. Melalui System Information

Arahkan atau buka Start kemudian ketikan dalam kolom pencarian "system information", kamu bisa langsung menekan Enter di keyboard dan akan langsung muncul informasi spek komputer lebih lengkap daripada kedua cara diatas.

Melihat Spek Komputer melalui System Information


4. Melalui CMD

CMD adalah singkatan dari Command Prompt, berfungsi untuk melakukan perintah-perintah pada sistem operasi dalam bentuk teks. Untuk melihat spek komputer dengan cara ini kamu harus membuka CMD sebagai administrator. Caranya ketikan CMD pada kolom pencarian windows, akan muncul program bernama Command Prompt, maka klik kanan program tersebut dan bukalah sebagai administrator.

Buka CMD sebagai Administrator

Setelah CMD dibuka sebagai administrator, langkah terakhir kamu hanya perlu mengetikkan perintah "systeminfo", ingat tanpa tanda petik kemudian tekan Enter.

Melihat Spek Komputer melalui CMD


5. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Ingin lebih rinci, bahkan tipe soket prosesor, ram, dan vga hingga frekuensi yang dimilikinya ditampilkan, maka gunakanlah aplikasi bernama CPU-Z. Silahkan unduh secara gratis di website cpuid.com, tenang ukuran aplikasi CPU-Z hanyalah 1.8 MB. Jika sudah diunduh lanjut install seperti biasa, cukup klik-klik selesai. Kemudian, apabila telah terpasang bukalah aplikasi CPU-Z dan informasi mengenai perangkat keras komputer akan langsung ditampilkan.

Melihat Spek Komputer Menggunakan CPU-Z


6. Menggunakan Aplikasi Speccy

Aplikasi Speccy merupakan sebuah program besutan Piriform. Speccy menampilkan informasi mengenai spesifikasi komputer secara rapih, juga menyediakan dua rasa ratis dan premium alias berbayar. Jika hanya sekedar melihat spek cukuplah menggunakan versi gratis. Kamu bisa mengunduh aplikasi Speccy dengan mengunjungi link ccleaner.com, pasang seperti biasa dan bukalah.

Melihat Spek Komputer Menggunakan Aplikasi Speccy


Nah, itulah 6 cara mudah melihat spesifikasi komputer dan laptop secara lengkap. Anda juga dapat melihat spek komputer apabila telah menggunakan dan memasang software VGA dari AMD atau Nvidia.

Sebelum memasang aplikasi terlebih lagi berupa permainan, hal paling utama yang perlu Anda perhatikan adalah permintaan spesifikasi yang diperlukan. Jadi, mengetahui spek komputer pribadi umumnya saya katakan sangatlah penting.