Cara Memasang Google Chrome di Linux Ubuntu

Cara install chrome di ubuntu

Google Chrome merupakan aplikasi browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dan saya melihat hampir tiap komputer atau ponsel pribadi memasang browser ini sebagai media peramban web pilihannya.

Memang, aplikasi ini memberikan banyak fitur yang mengoptimalkan pengalaman Anda dalam menjelajahi internet, seperti tingkat keamanan dan tampilan.

Sayangnya, Ubuntu Software tidak menyediakan aplikasi Google Chrome. Ini mengartikan bahwa Chrome bukanlah aplikasi berjenis open source. Bila pun mencarinya Anda akan diarahkan pada aplikasi bernama Chromium yang sama persis layaknya Chrome tapi itu bukanlah Google Chrome sesungguhnya.

Maka dari itu, kami buatkan tutorial Cara Install Google Chrome di Linux Ubuntu.

Install Google Chrome Menggunakan Terminal Ubuntu

Hal pertama yang perlu Anda siapkan tentulah koneksi internet, jadi pastikan komputer Ubuntu Anda telah terhubung dengan internet secara stabil.

Pastikan sistem operasi Ubuntu Anda adalah 64-bit

Kemudian, bukalah terminal Ubuntu bisa dengan menekan Ctrk + Alt + T pada papan ketik dan langkah pertama saya sarankan untuk masuk sebagai superuser menggunakan perintah:

sudo su
Berikutnya, kita akan mengunduh file DEB Google Chrome melalui terminal juga dengan perintah wget, masukkan perintah di bawah ini atau Anda juga bisa melakukan copy paste.

wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_amd64.deb
Proses mengunduh file DEB akan berlangsung, silahkan tunggu hingga 100% selesai. Langkah terakhir adalah memasangnya ke sistem Ubuntu, cukup gunakan perintah dpkg seperti di bawah.

dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb
Untuk menemukan dan membuka aplikasinya, pergilah ke menu atau icon start Ubuntu dan Anda akan melihat aplikasi familiar bernama Google Chrome.


Menurut saya cara ini adalah yang paling mudah, adapun cara lainnya yakni secara grafis.

Install Google Chrome Secara Grafis di Ubuntu (GUI)

Cara install Chrome di Ubuntu ini sangat akrab bagi pengguna Windows, mudahnya cukup klik sana klik sini maka aplikasi pun terpasang. Dalam memasang secara grafis Anda perlu memperhatikan versi sistem operasi Ubuntu yang digunakan, baiknya pastikan menggunakan versi 64-bit.

Untuk mulai mengunduh file DEB silahkan kunjungi link www.google.com/chrome.


Unduh file DEB Google Chrome dengan mengklik Download Chrome.


Pilihlah 64.deb dan klik Accept and Install.


Agar file tersebut tersimpan dalam direktori penyimpanan, maka pilihlah opsi Save File. Hal ini memungkinkan Anda untuk install Chrome kapan pun.


Jika telah selesai mengunduhnya, bukalah direktori download, lihat dan klik kanan file bernama google-chrome-stable_current_amd64.deb, buka file DEB tersebut menggunakan aplikasi bernama Sofware Install (Open With Other Application -> Software Install > Select).


Secara otomatis akan diarahkan ke aplikasi Ubuntu Software, langkah terakhir tinggal memasangnya saja dengan klik Install kemudian masukkan password Ubuntu untuk autentikasi dan proses pemasangan aplikasi Google Chrome akan berlangsung.

Nah, itulah cara install Chrome di Ubuntu.

Kesimpulan

Memasang Google Chrome di Linux Ubuntu merupakan pekerjaan yang mudah dan dapat dilakukan siapa pun tanpa keterampilan khusus sama seperti ketika memasangnya di sistem operasi Windows. Saya harap tutorial ini dapat membantu Anda.

Sumber asli : https://itsfoss.com/install-chrome-ubuntu/