Cara Memasang Visual Studio Code di Ubuntu


Install vscode ubuntu

Visual Studio Code merupakan aplikasi kode editor besutan Microsoft yang bisa didapat secara gratis oleh siapa pun. Karena berbagai kelebihannya banyak programmer mulai beralih ke aplikasi ini.

Baiknya, Microsoft menyediakan aplikasi ini tidak hanya untuk Windows. Sistem operasi seperti Linux dan macOS juga dapat memasang Visual Studio Code secara bebas tanpa persyaratan khusus. Nah, apabila kamu ingin memasang aplikasi ini di Linux Ubuntu tinggal ikuti saja tutorial di bawah.

Cara Memasang Visual Studio Code di Ubuntu

Langkah paling utama pastikan perangkat kamu telah terhubung dengan internet secara stabil, karena kita perlu mengunduh mentahannya berupa file .DEB. Cukup sediakan 100MB saja, kemudian silahkan kunjungi alamat https://code.visualstudio.com.


Kamu akan dihandapkan pada pilihan untuk mengunduh jenis file, bila menggunakan sistem operasi Ubuntu maka pilihlah file berjenis .DEB.


Tunggu beberapa saat hingga pop up dialog box muncul, kami sarankan pilih opsi Save File agar file tersebut tersimpan dalam direktori Anda, sehingga Anda bebas akan memasangnya kapan pun dan di perangkat siapa pun tanpa perlu mengunduhnya lagi.

Jika Anda belum melakukan perubahan apa pun pada browser yang digunakan untuk mengunduh file Visual Studio Code, maka secara otomatis akan tersimpan dalam direktori Downloads.

Berbicara mengenai browser, Mozilla Firefox merupakan browser bawaan Ubuntu. Apabila Anda belum terbiasa dan ingin memasang Google Chrome silahkan kunjungi cara memasang Google Chrome di Linux Ubuntu.


Sekarang bukalah direktori Downloads dan carilah file bernama code_1.46.1-1592428892_amd64.deb, klik kanan satu kali file tersebut dan pilihlah Open With Other Application kemudian arahkan atau double klik Software Install.


Anda akan diarahkan pada Ubuntu Software dan di situ terdapat informasi mengenai file .DEB yang akan kita pasang. Langkah terakhir adalah klik Install dan masukkan password user Ubuntu untuk autentikasi, proses install vscode Ubuntu pun berlangsung.

Sekarang Anda dapat menemukan aplikasi Visual Studio Code di menu daftar aplikasi Ubuntu milik Anda.

Demikianlah cara install vscode di ubuntu atau cara memasang Visual Studio Code di Linux Ubuntu.