Urutan Menonton Seri Anime Monogatari Sesuai Cerita dan Tanggal Rilis


Kamu ingin menonton seri anime Monogatari tetapi bingung akan memulai dari mana? Memang anime ini memiliki jumlah seri cukup banyak, di mana setiap seri rilis di bulan atau tahun berbeda. Terlebih lagi Monogatari rilis tidak berdasarkan kronologi cerita, tapi karena seri animenya sendiri dapat dikatakan telah selesai seharusnya tidak menjadi masalah besar bila menonton secara acak, kurangnya mungkin feel tidak didapat 100%.

Monogotari memang memiliki cerita menarik, setiap karakter mempunyai masalah yang begitu kompleks dan masalah tersebut membangun cerita lebih intens tanpa menggeser posisi karakter utama. Versi animenya sendiri dibuat dengan gaya yang berbeda dibanding anime pada umumnya.

Sebab itulah sampai sekarang anime Monogatari masuk kategori populer, bagi kamu yang belum menonton dan bingung akan memulai darimana, Otaku Line akan menyarankan 2 cara untuk menonton seri anime Monogatari yaitu sesuai cerita dan tanggal rilis.

Menonton Seri Anime Monogatari Sesuai Tanggal Rilis

Cara pertama yang kami sarankan adalah sesuai dengan tanggal rilis, meskipun awalnya saat kamu menonton tidak mengetahui asal-usul sang karakter utama, secara perlahan pastilah akan terungkap. Dan ini adalah cara termudah yang dapat kamu mulai, berikut adalah cara menonton seri anime Monogatari sesuai tanggal rilis.

Nomor Judul Tanggal Rilis
1 Bakemonogatari 3 Juli 2009
2 Nisemonogatari 8 Januari 2012
3 Nekomonogatari: Kuro 31 Desember 2012
4 Monogatari Series: Second Season 7 Juli 2013
5 Hanamonogatari 16 Agustus 2014
6 Tsukimonogatari 31 Desember 2014
7 Owarimonogatari 04 Oktober 2015
8 Kizumonogatari 8 Januari 2016
9 Koyomimonogatari 10 Januari 2016
10 Owarimonogatari (Part 2) 12 Agustus 2017
11 Zoku Owarimonogatari 10 November 2018
Urutan dalam tabel di atas adalah seri anime Monogatari sesuai tanggal rilis, urutan tersebut juga dikelompokkan menjadi 3 musim, pembagian telah kami bedakan menggunakan warna.


Akan tetapi, tak sedikit dari kita kebingungan dalam memahami cerita terutama bagian misterinya karena menonton sesuai tanggal rilis alurnya loncat-loncat, padahal cara ini tentunya langsung diberikan oleh pihak studio yang merilis. Maka dari itu ada opsi kedua yakni sesuai kronologi cerita, dimulai dari Araragi Koyomi yang berubah menjadi vampir.

Menonton Seri Anime Monogatari Sesuai Cerita

Kizumonogatari menjadi latar belakang Araragi masuk dalam lingkaran misteri, dia menjadi vampir karena suatu alasan yang akhirnya membuat hidupnya berubah. Dengan menonton sesuai cerita kamu bakal mendapat pengalaman berbeda dan hal ini mempermudah untuk memahami ceritanya. Berikut adalah cara menonton anime Monogatari sesuai cerita.

  1. Kizumonogatari
  2. Nekomonogatari: Kuro
  3. Bakemonogatari
  4. Nisemonogatari
  5. Monogatari Series - Mayoi Jiangshi
  6. Monogatari Series - Shinobu Time
  7. Owarimonogatari (Musim Pertama) - Shinobu Mail
  8. Monogatari Series - Tsubasa Tiger
  9. Owarimonogatari Series (Musim Pertama) - Ougi Formula, Sodachi Riddle, Sodachi Lost
  10. Monogatari Series - Nadeko Medusa and Hitagi End
  11. Tsukimonogatari
  12. Owarimonogatari (Musim Kedua)
  13. Zoku Owarimonogatari
  14. Hanamonogatari
  15. Koyomimonogatari
Loh kok jadi tambah banyak?

Sebab beberapa seri diuraikan lagi, di bawah kami berikan penjelasan singkat dari seri-seri tersebut.

Kizumonogatari

AraragixKiss-shot

Di seri Kizumonogatari terbagi menjadi 3 episode, seri ini menceritakan awal mula Araragi Koyomi berubah menjadi sosok makhluk mitos legendaris bernama vampir. Episode pertama berjudul Kizumonogatari: Tekketsu-hen berkisah pada pertemuan Araragi dan vampir bernama Kiss-shot.

Episode kedua merupakan perjuangan Araragi Koyomi melawan pemburu monster, ditutup dengan episode ketiga dengan pertarungan mati-matian Araragi melawan Kiss-shot. Perjuangan Araragi Koyomi ditemani oleh ketua kelasnya, seorang perempuan cantik bernama Hanekawa.

Ketiga episode dalam seri ini berbentuk movie berdurasi kurang lebih 1 jam.

Nekomonogatari: Kuro

Hanekawa Tsubasa Neko Mode

Rupanya kedatangan vampir legendaris ke Jepang mengundang makhluk-makhluk mitos lainnya, mulai dari yang terlemah hingga paling kuat muncul. Setelah Araragi Koyomi berhasil mengalahkan Kiss-shot, di seri Nekomonogatari ini kalian akan diajak untuk memahami kehidupan ketua kelas yang benar-benar di luar dugaan.

Bakemonogatari

HitagixKoyomi

Kisah dibuka dengan rasa penasaran Araragi Koyomi terhadap teman sekelasnya yang bernama Senjougahara Hitagi, kemudian dia bertemu dengannya dalam keadaan tak terduga. Hitagi terjatuh dari ketinggian dan dengan mudah dia menangkap dirinya, saat itu Araragi tidak merasakan berat dari tubuh gadis berambut ungu itu. Rasa penasaran pun muncul tapi hal tersebut justru malah membangkitkan amarah Hitagi dan mengancam Araragi untuk tidak bercerita maupun bertanya.

Nisemonogatari


Agar tidak terbawa dalam masalah baru Araragi Koyomi diculik oleh Hitagi dan dikurung di gedung sekolah lama karena kedatangan seorang spesialis sekaligus penipu yang pernah terlibat dengan kehidupan lama keluarga Senjougahara. Kedatangannya juga membawa masalah bagi adik Araragi sendiri.

Monogatari Series


Sampai seri Nisemonogatari telah banyak karakter baru yang muncul, seri berikutnya masuk pada Monogatari Series: Second Season. Musim kedua memiliki 26 episode, menceritakan banyak misteri beberapa karakter. Sosok Hanekawa kembali masuk dalam permasalahan dan yang paling menonjol adalah teman masa kecil kedua adik Araragi yang berubah menjadi dewa ular, juga kehadiran sosok lain dari Araragi Koyomi.

Jangan langsung menyelesaikan seri ini jika kamu ingin menonton sesuai cerita, lihatlah kembali urutan di atas.

Tsukimonogatari


Masalah Araragi Koyomi dari dua seri sebelumnya tidak lepas dari bantuan seorang spealis baru dan juga 'boneka' peliharaannya bernama Yotsugi Ononoki, cerita dimulai karena kekhawatiran Araragi Koyomi terhadap bayangan dirinya tak lagi tampak di cermin yang berarti menandakan bahwa dia telah menjadi vampir sejati.

Kekhawatirannya itu menuntun dia pada seorang spesialis keanehan abadi dan Yotsugi Ononoki.

Owarimonogatari


Araragi kembali diperkenalkan pada karakter baru bernamai Ougi Oshino yang mengaku keponakan dari Oshino Meme, pertemuannya itu membawa Araragi Koyomi masuk dalam masalah baru di mana mereka berdua terkunci dalam ruang kelas. Ruangan tersebut mengembalikkan ingatan terlupakan dari Araragi Koyomi pada peristiwa yang belum terpecahkan. Siapakah sebenarnya Ougi Shinobu ini?


Untuk seri Owarimonogatari terbagi menjadi dua musim, setelah kamu menonton Monogatari Series episode "Shinobu Time" maka lanjutkan ke musim pertama Owarimonogatari episode "Shinobu Mail". Kemudian balik lagi ke Monogatari Series episode "Tsubasa Tiger", baru deh selesaikan musim pertama Owarimonogatari dan balik lagi ke sisa episode dari Monogatari Series episode "Nadeko Medusa" dan "Hitagi End".

Zoku Owarimonogatari


Ini adalah seri terbaru dari Monogatari, ceritanya sih mengenai hari kelulusan Araragi dan dia juga telah menyelesaikan semua permasalahan. Tapi nih tapi Araragi Terjebak dalam dunia lain saat ia bercermin di kaca kamar mandinya dan secara mengejutkannya setiap karakter yang pernah berususan dengan Araragi Koyomi memiliki sifat yang berkebalikan dengan aslinya, hmm bagaimana yah cara dia kembali?

Hanamonogatari


Kalau seri ini sih alternatif, setelah kelulusan Araragi kini bercerita mengenai kelulusan Kanbaru Suruga, dia merupakan adik kelas Araragi Koyomi. Kanbaru dihadapkan pada rumor seseorang yang dikenal sebagai "Iblis", sosok yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan orang-orang.

Ternyata sosok tersebut adalah saingan Kanbaru dalam bermain basket saat SMP, dia bernama Rouka Numachi. Karena cedera dia dinyatakan tidak bisa bermain basket untuk selamanya. Sekarang Numachi menjadi seorang kolektor keberuntungan, membantu masalah orang dengan memberikan harapan palsu.

Koyomimonogatari


Dan yah ini adalah cerita sampingan penutup untuk urutan sesuai cerita, baiknya kamu menonton Koyomimonogatari sesudah seri Tsukimonogatari. Satu episodenya hanya berdurasi 14 menit dan isinya mengungkap beberapa adegan.

Kesimpulan

Anime Monogatari merupakan seri anime yang menarik untuk ditonton, jika kamu tidak ingin repot atau tak ribet nonton kami rekomendasikan sesuai tanggal rilis. Selain itu, menotnon sesuai tanggal rilis juga lebih menekankan pada masalah romantisme. Tapi, apabila teman-teman ingin memahami secara mendalam maka pilihlah sesuai cerita.